VARIABEL OPERATOR DAN EKSPRESI

VARIABEL, OPERATOR DAN EKSPRESI

VARIABEL

Variabel adalah suatu tempat untuk menampung suatu nilai pada memory komputer. Untuk lebih mudah diakses, variabel diberi nama. Nama inilah yang akan menjadi pengenal suatu variabelm, misalkan a=4, ini berarti bahwa nama variabelnya adalah a dan nilainya adalah 4.

Variabel di dalam visual basic mempunyai beberapa macam berdasarkan nilai yang ada di dalam variabel tersebut, antara lain:

  1. Boolean     : menampung nilai biner, True atau False
  2. Byte           : Menampung nilai bulat kecil antara 0-256
  3. Integer       : Menampung nilai bulat antara -32768 s/d 32768 (15 bit)
  4. Long          : Menampung nilai bulat dengan bit yang panjang (31 bit)
  5. Single        : Menampung nilai pecahan dari 10-38;  sampai dengan 1038 pada  bagian  positif,  dan  -10&sup-38                      sampai  dengan  -10&sup38   pada bagian negatif.
  6. Double       : Menampung nilai pecahan dari 10&sup-108  sampai dengan 10&sup108 pada bagian positif, dan -10&sup-108                         sampai dengan -10&sup108  pada bagian negatif.
  7. String         : Menampung nilai non numerik atau string, misalkan untuk menyimpan  alamat.  Variabel  ini  tidak                      bisa  dioperasikan secara aritmatika.
  8. Date           : Menampung nilai tanggal
  9. Variant        : Merupakan    variabel    bebas,    yang    menampung    nilai tergantung nilai apa yang ditampung                     pertama kali. Variabel ini yang merupakan kelebihan dari visual basic (bahkam bisa menjadi                      kekurangan untuk pemrograman yang lebih tinggi) karena bersifat seperti bunglon.

Kelebihan dari visual basic adalah bahwa setiap obyek baik berupa form, report (laporan), data atau komponen dapat menjadi variabel.

 Variabel di dalam visual basic dibedakan menjadi 3 macam variabel yaitu variabel lokal, variabel global terhadap form dan variabel global terhadap aplikasi (project).

  1. Variabel lokal: adalah variabel yang hanya aktif dalam suatu fungsi atau subroutine di dalam visual basic. Caranya dituliskan secara langsu di dalam suatu fungsi satu subroutine tanpa pendefinisian atau dengan definisi variabel di dalam fungsi.
  2.  Variabel global dalam form: adalah variabel yang aktif selam satu form berjalan, bila pindah ke form yag lain maka variabel ini tidak aktif. Ini dapat dilakukan dengan mendefinisikan variabel di luar subroutine, biasanya diletakkan pada baris paling atas dari suatu form. Contohnya Dim a as integer diletakkan pada baris paling atas, maka variabel a selalu aktif selama form aktif.
  3. Variabel global dalam aplikasi: adalah variabel yang aktif selama aplikasi masih aktif. Variabel ini masih aktif meskipun form yang berjalan sudah berganti. Untuk mendefinisikan variabel ini dilakukan dengan menambahkan modul dan pendefinisian dengan global

Operator

Operator adalah suatu simbol atau tanda untuk menyatakan suatu operasi atau proses. Pada dasarnya komputer dengan ALUnya (Aritmethic Logical Unit), mempunyai dua macam operator yaitu operator Aritmatika dan operator logika (perbandingan). Operator-operator di dalam Visual Basic antara lain:

operator visual basic - dhansz.com

Operator 2 visual basic - dhansz.com

Penjelasan lebih lanjut mengenai operator ada di bagian ekspresi, karena operator ini merupakan bagian dari ekspresi. Pemakaian operator ini sangat berhubungan dengan penulisan rumus di dalam pemrograman

Ekspresi

Ekspresi adalah suatu cara penulisan untuk memberikan atau memasukkan nilai kedalam variabel. Ekspresi secara umum dalam computer statement dituliskan sebagai:

 Variabel Å Nilai

Di dalam Visual Basic ekspresi menggunakan tanda sama dengan (=). Dengan aturan sebelah kiri adalah variabel penampung (hasil) dan sebelah kanan adalah nilai yang dimasukkan ke variabel

 Variabel = Nilai

 Sebagai contoh untuk memasukkan nilai 5 ke dalam variabel a dapat dilakukan dengan a=5. Atau memasukkan nama ‘widya’ ke dalam variabel nama dapat dituliskan dengan nama=”widya” (Pada tipe data string, penulisan diberi tanda petik dua). Atau untuk memasukkan nilai keputusan benar dapat dituliskan dengan keputusan=True, Pada tipe data boolean nilainya hanya True dan False. Sehingga dapat dikatakan bahwa cara memasukkan nilai ini sangat tergantung dari jenis nilai apakah itu boolean, numerik, string atau date. Sedangkan format bilangan dan tanggal  secara default menggunakan format yang ada pada sistem operasi, meskipun tidak menutup kemungkinan diubah menggunakan format tersendiri.

Berikut  ini  contoh-contoh  penulisan  ekspresi  untuk  memasukkan  nilai  ke  dalam variabel

Operator 3 Visual basic - dhansz.com

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tinggalin Pesan

Tenang bro Email aman, ga ane publish >>>Wajib di isi yang ada tanda *

*