Google Authenticator

Google AuthenticatorSejauh manakah tingkat keamanan untuk login ke panel admin web site anda?

Apakah anda sudah yakin dengan tingkat keamanannya?

Tidak takutkah anda dengan serangan brutal force?

atau terkena hack oleh tangan-tangan jahil?

Sepertinya perlu dipikirkan kembali pertanyaan pertanyaan diatas….

Disini saya mau share sebuah plugin yang menjadi solusi jawaban diatas, yaitu dengan cara mengamanankan login panel admin wordpress anda menjadi lebih baik dengan mengaktifkan otentikasi 2 langkah dengan menggunakan Google Authenticator.

Jika Anda menghargai blog Anda, maka Anda harus mengikuti tips ini (Google Authenticator) untuk meningkatkan keamanan WordPress Anda.

Bagaimana cara kerjanya?

Biasanya password dapat ditebak. Jika Anda menggunakan password yang sama di berbagai situs, harap berhati-hati karena jika sudah dibobol keamanannya pada satu akun Anda yang lain mungkin dalam bahaya. Seringkali orang malas, dan mereka tidak mengubah password mereka bahkan setelah mereka mendapatkan email tentang keamanan di situs utama. Nah, 2-step verification adalah solusi hanya untuk itu. Bahkan jika hacker mengetahui WordPress username dan password, mereka tidak akan dapat mengakses situs Anda kecuali mereka memiliki waktu yang terkendali kode keamanan acak (yang disediakan oleh Google Authenticator). Karena blog Anda terhubung langsung dengan perangkat mobile Anda, Anda adalah satu-satunya orang yang harus memiliki akses untuk mengambil kode unik untuk setiap login. Kode unik berakhir dalam waktu singkat untuk tujuan keamanan.

 Bagaimana  Cara Memasang Google Authenticator di WordPress?

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal Google Authenticator pada perangkat Anda. Kita akan menggunakan terminologi Android dalam tutorial ini, namun proses ini sama untuk perangkat lainnya juga. Kunjungi Google Play Store  pada Smartphone android anda dan mencari “Google Authenticator”. Download dan Instal aplikasi. Setelah itu, sekarang mari kita kembali ke dashboard WordPress Anda. Mari kita menginstal dan mengaktifkan plugin Google Authenticator untuk WordPress.

Dalam menu WordPress, klik pada Users | Your Profile.  Anda akan lihat Setting Google Authenticator di sana.
Google Authenticator

Google AuthenticatorActive – Jika Anda centang kotak ini, maka itu berarti bahwa blog Anda sekarang akan menggunakan Google Authenticator.

Relaxed mode – Biasanya kode authenticator google Anda berakhir setiap menit. Menggunakan Relaxed mode akan memungkinkan Anda untuk menggunakan satu kode untuk  4 menit. Saya tidak merekomendasikan mengubah ini kecuali Anda mengetik dengan sangat lambat. Kode ini hanya 6 karakter, sehingga Anda harus dapat melakukannya dalam 1 menit.

QR CodeDescription dan Secret – Pilihan ini sendiri cukup jelas. Deskripsi akan bertindak sebagai nama akun Anda di aplikasi Google Authenticator. Secret / Kunci rahasia yang diperlukan jika Anda tidak menggunakan kode QR. Catatan: Jika Anda  hanya ingin memindai kode QR, maka Anda harus membuat deskripsi Anda tanpa spasi seperti ini “dhansz.com“.

Enable App password – Anda perlu ini hanya jika Anda menggunakan XML-RPC di blog Anda. Ini berarti WordPress iOS app, atau Windows Live Writer.

Setelah itu buka aplikasi Google Authenticator di smartphone anda untuk menambahkan akun. bisa dengan cara manual dengan memasukan kode yang ada pada menu users | Your Profile atau dengan menScan QR codenya.

dan sekarang bila anda login ke panel admin wordpress anda akan tampak kolom isian kode dari Google Authenticator seperti pada gambar dibawah ini.

googleauthenticatorwplo

Catatan: Google Authenticator hanya bekerja pada IOS, Android, Windows Phone, WebOS, PalmOS, dan perangkat BlackBerry. Dengan kata lain Anda harus memiliki ponsel pintar, iPod Touch, atau tablet dengan sistem operasi seperti yang sudah disebutkan tadi.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tinggalin Pesan

Tenang bro Email aman, ga ane publish >>>Wajib di isi yang ada tanda *

*