Content Delivery Network

Content Delivery Network atau CDN adalah sekumpulan server yang diletakkan di berbagai belahan dunia yang berfungsi untuk memberikan akses lebih cepat kepada pengunjung website. Sehingga menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk mempercepat sebuah website adalah dengan menggunakan CDN. Hal ini telah banyak dijelaskan dan direkomendasikan oleh para pengembang web di seluruh dunia.

Apa itu CDN dan apa kelebihannya ?
Sebuah CDN menggunakan standar teknologi seperti anycast, lighttpd dan BGP untuk mengirimkan file konten statis ke jaringan server yang tersebar di lokasi geografis yang berbeda di seluruh dunia,  penyimpanan sementara  (cache) isi file.

Bagaimana CDN bekerja?

lihat video ini

Cara kerja CDN (Content Delivery Network)

Ketika klien mengunduh suatu halaman web, maka klien akan mengirimkan http request ke server yang dituju, dan kemudian server tersebut akan meresponnya dengan mengirimkan berkas-berkas yang diunduh. Kecepatan unduh tersebut tergantung dari beberapa faktor, salah satunya adalah
jarak antara server dengan klien. Semakin jauh jarak server dari klien, maka semakin lama pula respon pengiriman. Begitu pula sebaliknya, semakin dekat jarak antara server ke klien, maka semakin cepat lah waktu unduh halaman web tersebut.

Fungsi CDN (Content Delivery Network) dalam hal ini adalah meminimalisir waktu unduh yang dibutuhkan oleh klien, karena CDN sendiri adalah jaringan server yang terletak di berbagai belahan dunia, oleh karena itu server yang terdekat dengan klien akan diprioritaskan untuk mengirimkan berkas yang diminta.

CDN ilustasiSebagai contoh, seseorang yang berada di jakarta sedang membuka suatu web/blog yang dihosting di sever USA. Bila web/blog tersebut tidak menggunakan CDN, maka waktu unduh halaman web tergantung dari jarak antara jakarta – USA. Sementara itu, bila web/blog tersebut menggunakan CDN untuk menghosting berkas-berkasnya, maka server CDN yang terdekat dengan klien (contoh: berada di singapura) yang akan melayani pengiriman berkas yang diminta, sehingga waktu yang dibutuhkan akan semakin pendek.

Target pengguna CDN (Content Delivery Network)

Secara umum, CDN diperuntukkan bagi pemilik web/blog dengan target  pengunjung dari berbagai belahan dunia, karena akses kunjungan dari wilayah manapun dapat dipersingkat melalui server CDN terdekat. Namun bagi pemilik web/blog dengan target pengunjung hanya di wilayah tertentu, akan lebih hemat dan praktis bila menyewa server hosting di wilayah itu saja.

CDN (Content Delivery Network) yang ada biasanya berupa jasa layanan seperti halnya webhosting. Kebanyakan CDN tersebut adalah berbayar, seperti contohnya akamai, maxcdn, atau instantcdn. Walaupun ada beberapa juga yang gratis seperti halnya cloudflare coralcdn, dan cloudns. Namun tentu saja yang berbayar jauh lebih baik.

Free DNS Management lainnya :

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tinggalin Pesan

Tenang bro Email aman, ga ane publish >>>Wajib di isi yang ada tanda *

*