Kloxo-MR dengan nginx-proxy dan php-fpm

Kloxo-MR jika dibanding dengan Kloxo official, mempunyai fitur yang lebih lengkap dan lebih mudah konfigurasinya. Di fitur webserver tersedia pilihan apache, nginx, lighttpd, nginx-proxy dan lighttpd-proxy. Di fitur php branch tersedia pilihan php53, php53u hingga php54. Sedangkan di php type terdapat pilihan mod_php, suphp, php-fpm, fcgid dan berbagai turunannya, serta terdapat opsi dual-php. Dengan adanya berbagai fitur tersebut memungkinkan user Kloxo-MR bisa melakukan konfigurasi yang jauh labih efisien dan lebih canggih. berikut ini cara setting Kloxo-MR dengan nginx-proxy dan php-fpm

Kloxo-MR dengan nginx-proxy
Default Kloxo-MR menggunakan apache, DNS: bind, Spam: bogofilter, dengan webserver config – Php Branch: php_(as_5.3.21), Php Type: php_mod_ruid2, Mysql: myisam. Sedangkan pada Kloxo-MR sendiri terdapat banyak pilihan di webserver, php branch, php type. Di webserver ada apache, nginx, lighttpd, nginx-proxy dan lighttpd-proxy. Di php branch ada php53, php53u, php54. Dan di php type ada  mod_php, suphp, php-fpm, fcgid beserta turunannya. Setting webserver menjadi nginx-proxy, php branch php53u, php type php-fpm_worker. Rumor saat ini mengatakan kalau nginx lebih cepat dan stabil dibanding apache. Tapi dikarenakan pengaturan permalink (rewrite rule) di nginx lebih sulit dibanding apache yang dapat dilakukan di .htaccess, maka di Kloxo-MR ini disediakan juga nginx-proxy yang mana nginx berjalan di apache sehingga setting rewrite rule dapat dilakukan di .htaccess juga seperti halnya apache. Berikut cara settingnya :

Pertama-tama silahkan masuk ke webserver config

Kloxo-MR dengan nginx-proxy dan php-fpm

dan lakukan penggantian php branch menjadi php54_, lalu klik update.

Kloxo-MR dengan nginx-proxy dan php-fpm

Cek services dan pastikan apache atau httpd berwarna hijau (kondisi running).

Kloxo-MR dengan nginx-proxy dan php-fpm

Kemudian Masuk ke switch program

Kloxo-MR dengan nginx-proxy dan php-fpm

dan lakukan penggantian web apache menjadi nginxproxy, DNS bin menjadi djbns, dan spam menjadi bogofilter menjadi lalu klik update.

Kloxo-MR dengan nginx-proxy dan php-fpm

Pastikan lagi services djbns dan nginx-proxy berjalan dengan tanda yaitu djbns, apache atau httpd dan nginx berwarna hijau.

Kloxo-MR dengan nginx-proxy dan php-fpm

Kloxo-MR dengan nginx-proxy php-fpm
Default php type Kloxo-MR adalah mod_php_ruid2. Kali ini kita coba merubah php type-nya menjadi php-fpm_worker.

Caranya yaitu masuk kembali ke webserver config – php type dan pilih php-fpm_worker, centang Enable php 5.2 (use Php52s) as secondary php, lalu klik update.

Kloxo-MR dengan nginx-proxy

Dan jangan lupa pastikan services berjalan semua dengan tanda yaitu apache atau httpd, nginx dan php-fpm berwarna hijau.

Seeting Kloxo-MR dengan nginx-proxy dan php-fpm

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Satu Komentar

Tinggalin Pesan

Tenang bro Email aman, ga ane publish >>>Wajib di isi yang ada tanda *

*

20 − seven =