Kloxo-MR

Kloxo-MR adalah versi fork dari Kloxo (LxCenter). Yaitu hasil modifikasi kloxo official dari Bapak Mustofa Ramadhan, developer Indonesia yang dibantu oleh developer lain dari manca negara.

Kloxo-MR

Seperti halnya Kloxo official, Kloxo-MR ini merupakan control panel webserver hosting full open source terlengkap yang mirip dengan control panel berbayar (cpanel,  Plesk Panel, DirectAdmin). Satu kali proses install Kloxo-MR sudah komplit mencakup semua paket software dasar yang dibutuhkan untuk hosting.

Beda Kloxo Official dan Kloxo-MR
Dengan munculnya Kloxo-MR ini, banyak inovasi fitur yang dilakukan pada Kloxo Official. Bahkan jika dibandingkan dengan semua control panel hosting lain, Kloxo-MR lebih lengkap dan lebih mudah konfigurasinya.

Kloxo-MR di fitur webserver tersedia pilihan apache, nginx, lighttpd, nginx-proxy dan lighttpd-proxy. Di fitur php branch tersedia pilihan php53, php53u hingga php54. Sedangkan di php type terdapat pilihan mod_php, suphp, php-fpm, fcgid dan berbagai turunannya, serta terdapat opsi dual-php. Dengan adanya berbagai fitur tersebut memungkinkan user Kloxo-MR bisa melakukan konfigurasi yang jauh labih efisien dan lebih canggih.

Kloxo-MR sudah bisa berjalan pada semua seri CENTOS yaitu Centos 5 32bit / 64bit dan Centos 6 32bit / 64bit. Sedangkan mengenai kebutuhan memory, untuk Kloxo sendiri hanya sekitar 15mb RAM.

Kloxo-MR dapat diinstall di centos 5 atau centos 6 baik 32 bit maupun 64 bit.

Fitur yang paling menonjol dari kloxo-MR dibandingkan Kloxo Official adalah adanya pilihan webserver seperti lighttpd, apache, nginx-proxy, nginx, dan lighttpd-proxy. Untuk php branch tersedia beberapa pilihan seperti php53, php53u dan php54, yang tidak kalah menarik Kloxo-MR mempunyai beberapa pilihan php type seperti mod_php, suphp, php-fpm, fcgid dan berbagai turunannya juga terdapat opsi dual-php. Dilihat dari fitur di atas, user Kloxo-MR akan bisa lebih mengembangkan dan melakukan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan webnya masing-masing agar menjadi lebih efisien dan lebih canggih.

Apakah perbedaan Kloxo-MR dengan umumnya panel hosting berbayar ?
Secara umum bila dibandingkan panel hosting berbayar (ma’af yang gratisan tidak disinggung) bahwa Kloxo menggunakan pendekatan package general, yaitu dari banyak sumber/repo. Ini berkaitan dengan proses instalasi agar semua software yang terkait dengan software Kloxo supaya hosting panel terinstall komplit layaknya enterprise platform. Dengan pendekatan ini user Kloxo-MR lebih memungkinkan untuk mengganti atau menambah software baru. Package general pada Kloxo-MR adalah mengambil php rpms dari centos.repo dan kloxo-mr.repo yang merupakan gabungan link ke centalt.repo, repo khusus Kloxo-MR yang disimpan di github, ius.repo dan epel. Dan tentu saja ini masih dimungkinkan bila user hendak menambah repo lain.

Berbeda dengan panel hosting berbayar macam Cpanel dan DirectAdmin yang menyediakan sendiri packages secara khusus. Dan tentu panel hosting berbayar tersebut menjadi tidak fleksibel dan penambahan package dari repo lain bisa berakibat fatal, bisa macet total. Intinya panel hosting berbayar itu kurang memberi ruang untuk ‘berkreasi’. Untuk pengembangan ke depan Kloxo-MR akan makin ditingkatkan kompatibilitas-nya dalam hal penggantian atau penambahan software baru. Dan tentu saja termasuk penambahan beberapa fitur instan yang akan terpaket dalam Kloxo-MR.

Walaupun Kloxo-MR lebih terbuka dalam hal penambahan software baru, namun untuk pemula disarankan untuk berhati-hati, apalagi bila server-nya hendak segera dipekerjakan untuk production site. Sebaiknya itu berdasarkan petunjuk yang jelas dari para master, dan back-up data selalu diperlukan untuk berjaga-jaga.
Kloxo-MR Features

  • OS: Redhat/CentOS 5 and 6 (32bit and 64bit) or their variants
  • Billing: AWBS, WHMCS, HostBill, TheHostingTool, AccountLab Plus and Blesta (note: claim by billing’s author)
  • Web server: Nginx, Nginx-Proxy and Lighttpd-proxy; beside Httpd and Lighttpd (in progress: Varnish, Hiawatha, ATS and Httpd 2.4) *)
  • Php: Dual-php with php 5.3/5.4 as primary and php 5.2 as secondary (in progress: multiple-php) *)
  • PHP-type for Apache: php-fpm_worker/event and fcgidworker/event; beside modphp/ruid2/itk and suphp/worker/event
  • Mail server: qmail-toaster instead special qmail (in progress: change from courier-imap to dovecot as imap/pop3) *)
  • Database: MySQL or MariaDB
  • Database Manager: PHPMyAdmin; Adminer, MyWebSql and SqlBuddy as additional **)
  • Webmail: Afterlogic Webmail Lite, Telaen, Squirrelmail and Roundcube; Horde and T-Dah dropped
  • FTP server: Pure-ftpd
  • DNS Server: Bind and Djbdns; ready testing for Powerdns, MaraDNS and NSD *)
  • Addons: ClamAV, Spamassassin/Bogofilter/Spamdyke and RKHunter
  • Fixed many bugs of Kloxo Official (including security issues)
  • And many more!

*) New features in Kloxo-MR 6.5.1 (Final version Dec 2013 – Jan 2014)

  • Web: Hiawatha (ready for testing since 28 Sep 2013) and Httpd 2.4
  • Web cache: Varnish and ATS (Apache Traffic Server) (ready for testing since 3 Oct 2013)
  • DNS: Powerdns, MaraDNS and NSD (ready for testing since 16 Sep 2013)
  • Mail: Dovecot
  • Php: multiple Php versions running together (php-fpm/spawning base)

**) New features in Kloxo-MR 6.5.0 after released

  • Panel: Adminer, MyWebSql and SqlBuddy as alternative for Database management
  • Core: change to use Hiawatha + php52s from lxphp + lxlighttpd for handling

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tinggalin Pesan

Tenang bro Email aman, ga ane publish >>>Wajib di isi yang ada tanda *

*