Cara Setting Kloxo Control Panel

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas cara menginstal kontrol panel kloxo di VPS CentOS, Nah selanjutnya pada artikel ini akan membahas bagaimana cara mensetting agar website kita bisa berfungsi normal pada kontrol panel kloxo yang telah kita instal tadi, berikut sedikit tutorial Cara Setting Kloxo Control Panel.

Buka Kloxo kontrol panel anda “http://alamat_IP:7778” dan masuk sebagai admin. Pertama kali setelah anda merubah password dan itu hal yang wajib dilakukan, kemudian anda diminta mengkonfigurasi LxGuard untuk alasan security.

Ketikan pada kolom pencarian Find dengan “lxguard” atau “lx” maka akan muncul ikon LxGuard (lihat gambar)

Cara Setting Kloxo di VPS Centos

LxGuard setting
Berfungsi untuk pengamanan max login attemp atau berapa kali orang / user atau orang yang mencoba masuk berkali kali salah, atau menghindari dari Bruceforce attack.
misalkan diisi dengan 5 , dan centang : I Have Read About Lxguard And Understands What It Does. Kemudian klik tombol update. (lihat gambar)

5 adalah sebagai default saya kalau mau diganti berapapun terserah anda.

Cara Setting Kloxo Control Panel

Mengkonfigurasi Port SSH, berfungsi untuk mengatur default Port SSH

Ketikan pada kolom pencarian Find dengan “ssh” maka akan muncul ikon dengan nama ssh, kita pilih SSH Config (lihat gambar)
Cara Setting Kloxo Control Panel

dan isi dengan 22 kemudian klik tombol update.

22 sebagai port untuk akses SSH Console / terminal ke Webserver anda.

Cara Setting Kloxo Control Panel

ssh config setting
Uncentang semua pilihan bila memang ingin menerapkan default setting dari SSH Root Console.

Server Mail Settings, berfungsi sebagai server email pada Web Server anda, dan disinilah kita dapat mensetting Mail Server kita agar menjadi lebih aman dan lebih terkendali serta mengatur koneksi yang datang , melalui port mail, Maksimal File yang diupload pada email dan menghindari spamming dari Webserver anda.

Ketikan pada kolom pencarian Find dengan “mail” maka akan muncul ikon dengan nama mail, kita pilih Server Mail Settings (lihat gambar)
Cara Setting-Kloxo Control Panel

Server Mail Settings
Pada My Name masukan nama settingan email disini sebagai contoh : webmail.dhansz.com. Max Mail Attachment biarkan default sebesar : 20971520 bytes atau sama dengan 20MB, anda bisa mengubah berapa besar maksimal file yang di attach pada setiap email. Dan setting Max Smtp Instances set ke angka 10 , dimana untuk menghindari spamming , yaitu dalam sekali waktu Webmail server maksimal hanya dapat menjalankan 10 proses email dalam waktu yang bersamaan. setelah itu klik tombol update. ( lihat gambar )

Cara Setting Kloxo-Control PanelMengatur DNS Template dan inilah hal yang paling penting supaya Domain anda dapat dijalankan di Webserver.
Sebelum mengatur DNS template masuk ke Panel Domain anda, atau dimana tempat domain anda didaftarkan ,
Setelah itu daftarkan Name Server domain anda ke alamat IP Webserver ( VPS ) anda . Dengan nama :
NS1 mempunyai value IP server anda, dan NS2 mempunyai value IP server anda.

Mendaftar Name Server Domain
Dengan mendaftarkan Name Server untuk Domain anda Maka otomatis Domain anda sudah mempunyai Name Server Sendiri ,
Setelah itu Geser / Scroll keatas dan Akses Name Server , pilih Set Name Server.
Isi dengan ns1.namadomainanda.com dan ns2.namadomainanda.com , lalu save / ok .

nb : apabila name server domain belum didaftarkan maka akan terjadi kesalahan saat mengisikan name server anda biasanya tertulis name server salah atau belum terdaftar

Set Name Server Domain
Setelah langkah diatas berarti Domain anda telah tertuju ke Webserver tapi masih belum dapat disebut telah benar benar mengarah ke Webserver anda, silahkan anda kembali ke Kloxo Panel. Dan mensetting Domain untuk Dapat berjalan di Webserver.
Ketikan pada kolom pencarian Find dengan “DNS” maka akan muncul ikon dengan nama DNS, kita pilih DNS Templates (lihat gambar)
Cara Setting Kloxo-Control Panel

DNS Template Setting
Dan terbuka halaman baru Pilih Add DNS Template , di tab navigasi .
Cara Setting Kloxo-Control-Panel

Add DNS Template
Isikan :
DNS Template Name Dengan sesuai keinginan anda,
Web IP Address dan Mail IP address sesuai dengan IP webServer .
Primary DNS : ns1.namadomainanda.com
Secondary DNS : ns2.namadomainanda.com
setelah itu klik add.

 

maka setelahnya anda akan menjumpai list dari DNS Template anda , klik nama DNS Template dan Lihat record dari Domain Name Server Template , dan pilih tab navigasi “General Settings“.
isikan TTL dengan 14400 ( ini sebagai setting default yang direkomendasikan) , dan pilih SOA NameServer dengan ns1.namadomainanda.com

Walau sudah mengisi DNS template akan tetapi domain anda masih belum dapat diakses karena Domain anda belum ter Direct ke Webserver Kloxo. Agar Domain anda terdirect ( park ) di Webserver anda pilih : Admin ==> Domain ( pilih di Navigasi tab ).

Domain name : namadomainanda.com ( isi tanpa www )
Document root : isi dengan nama direktori dan direktori ini akan otomatis dibuat oleh Webserver Kloxo , dan menjadi Default Direktori setiap Domain. lalu klik add
Cara Setting-Kloxo-Control Panel

 

Setelah itu coba akses domain anda, kalau name server dari Domain management di Provider domain tampilannya akan menjadi Default Website Page seperti berikut :
Cara Setting-Kloxo-Control Panel

Default Page Website
Diatas masih berupa default Site saja dan untuk dapat benar benar diakses harus melakukan setting pada :
akses admin ==> default Domain
dan pilih domain sebagai Default Webserver anda dan kemudian klik tombol update.
Cara Setting Kloxo-Control-Panel

Default Domain
Setelah itu coba akses kembali Alamat Url Domain anda . Tampilan yang sebelumnya default Website Page yang menunjukkan Konfigurasi error atau belum terkonfigurasi akan berubah menjadi tampilan Website default bahwa Website / Nama domain anda di server mempunyai konfigurasi yang benar akan tetapi belum mempunyai file.
Cara Setting Kloxo-Control Panel-
Default Website Page dengan konfigurasi yang benar
Webserver Siap untuk digunakan, dan tinggal Mengupload file ke directory Domain anda yang telah ditentukan, dan membuat databasenya ( kalau memang webnya berhubungan dengan database )

Catatan :
Bila langkah-langkah diatas sudah anda coba namun belum berhasil maka cobalah untuk merestart web server anda. kalau webservernya apache dan sistem OS nya CentOs, Gunakan Perintah seperti berikut :

# /etc/init.d/httpd restart

Jika Anda mempunyai domain lebih dari satu anda juga bisa menambahkan domain anda tersebut, silahkan baca petunjuk cara menambahkan domain di link ini.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tinggalin Pesan

Tenang bro Email aman, ga ane publish >>>Wajib di isi yang ada tanda *

*